Link Terkait

DISCOVER BANYUWANGI

FASILITASI PERCEPATAN PENYALURAN DANA DESA, BPMPD KAB. BANYUWANGI BUKA KLINIK DD DAN ADD

BPMPD | 16-09-2015

Tahun anggaran 2015 tersisa empat bulan lagi. Namun, pencairan ADD yang bersumber dari APBD baru mencapai 55 persen. Kepala BPMPD Kab. Banyuwangi Bapak Dr. Suyanto Waspo Tondo melalui Kabid Pemdes Bapak Ahmad Faishol NS menyampaikan BPMPD Kab. Banyuwangi sudah proaktif menghubungi Desa yang belum mengajukan pencairan dana Desa baik ADD maupun DD yang bersumber dari APBN. Ada 19 Desa yang belum mengajukan pencairan ADD dan DD sama sekali tahap satu dan tahap dua. Sekarang mereka sedang proses pengajuan ujar Beliau.

Saat ini BPMPD Kab. Banyuwangi fokus mendorong Desa melakukan pencairan ADD tahap pertama. Targetnya minggu depan seluruh Desa di Kab. Banyuwangi yang berjumlah 189 menyelesaikan pencairan ADD tahap pertama. Saat ini baru 177 Desa yang menyelesaikan tahap pertama dengan realisasi pencairan anggaran 32 millyar Rupiah.

Pencairan ADD tahap kedua saat ini baru tercapai 4,18 persen atau telah tersalur 1,34 milyar Rupiah ke sembilan Desa. Secara umum pencairan ADD baik tahap pertama maupun kedua telah mencapai 55 persen dari total anggaran 61,9 milyar Rupiah. BPMPD Kab. Banyuwangi terus menjalin komunikasi lebih intensif kepada aparat Desa dan Kecamatan. Salah satunya adalah membuka klinik konsultasi ADD dan DD. Klinik konsultasi tersebut diharapkan bisa membantu para aparatur Desa mengatasi kendala yang sering ditemui di lapangan demi percepatan pencairan anggaran.

Kendala yang kerap ditemui pemerintah Desa diantaranya terkait perubahan regulasi administrasi yang membutuhkan waktu penyesuaian. Desa diminta segera merampungkan persyaratan pencairan bantuan keuangan Desa tahap pertama hingga segera bisa memproses pencairan tahap kedua. Pencairan DD tahap pertama sudah mencapai 82,86 persen atau 19,8 milyar Rupiah yang disalurkan pada 157 Desa. Pencairan tahap kedua baru terealisasi 3,73 persen atau 892 juta Rupiah.


© 2021
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi
JL. Adi Sucipto No. 53 Telp. 0333-424972, 424445 Fax. 0333-415318