Link Terkait

DISCOVER BANYUWANGI

PEMBEKALAN PENDAMPING DESA DI AWAL TAHUN 2019

BPMPD | 22-02-2019

Peningkatan dana desa yang sangat signifikan dari tahun ketahun harus diimbangi dengan kemampuan kapasitas para aparatur di desa. Kehadiran para pendamping desa pun dinilai sangat baik untuk membantu, menfasilitasi dan bekerjasama dengan aparatur desa agar penggunaan dana desa tepat sasaran dan berjalan sesuai aturan.

Oleh karenanya, pembekalan bagi calon pendamping desa memiliki nilai strategis sebagai media pembekalan pengetahuan,  sikap dan keterampilan sebelum melaksanakan tugas fasilitasi program pembangunan dan pemberdayaan di desa.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Desa Bapak Tri FM. Mounty, Desa merupakan ujung tombak dari sistem pemerintahan Indonesia. Oleh karenanya Presiden RI Joko Widodo melalui Nawa Cita menekan bahwa salah satu visi misinya dalam Nawa Cita adalah membangun Indonesia dari pinggiran atau desa.  Tekad ini telah diperkuat dengan dana desa yang digulirkan setiap tahunnya melalui dana transfer. Jumlahnya pun meningkat signifikan sejak tahun 2015 hingga 2018. 

Diterangkan juga, bahwa tantangan pembangunan desa saat ini semakin kompleks dengan tingkat varian yang tinggi,  seiring dengan perkembangan kebijakan pemerintah serta sebagai efek dinamika masyarakat desa. Pendamping pada konteks kekinian tidak lagi berperan sebagai individu yang “serba tahu” tetapi pendamping harus menjadi bagian yang terintergrasi dengan kultur dan psikologis masyarakat desa.

Pengelolaan pembangunan desa tidak lagi bergantung pada pendamping,  tetapi pendamping yang berkualitas dan terampil adalah mereka yang mampu belajar dan menahami kebutuhan masyarakat desa. Tenaga pendamping bukan merupakan “mandor” atau memiliki kedudukan yang superior atas masyarakat,  namun harus mampu menjadi kader yang terus berjuang untuk masyarakat dalam proses pembangunan dan pemberdayaan desa. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi saudara harus mengikuti aturan dan ketentuan Standar Perilaku (code if conduct)  dan kode etik pendamping ujarnya.

 


© 2021
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi
JL. Adi Sucipto No. 53 Telp. 0333-424972, 424445 Fax. 0333-415318