Link Terkait

DISCOVER BANYUWANGI

PEMKAB BANYUWANGI SIAP LAKSANAKAN MASUKAN & ARAHAN DARI TIM SATGAS DANA DESA

BPMPD | 21-11-2018

DPMD Kabupaten Banyuwangi hari ini mendapat kunjungan dari Satgas Dana Desa. Didalam kunjungannya Satgas Dana Desa pemaparan kepada Plt. Kepala DPMD Kabupaten Banyuwangi Zen Kostolani bawasanya mereka bukan hanya bertugas mengawasi para kepala desa dan perangkat desa saja melainkan juga mengkaji berbagai regulasi mengenai dana desa sendiri. Karena, Program Dana Desa diatur dalam beberapa aturan sekaligus yakni Permendesa, Permendagri serta Permenku. Beberapa regulasi itu harus sinkron dulu satu sama lain sehingga tidak ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum untuk memainkan dana desa dengan menggunakan celah regulasi. Dalam Satgas Dana Desa ada divisi yang mengkaji sinkronisasi antara Peraturan Menteri dengan Peraturan Bupati serta Peraturan Desa. Perbup dan Perdes tersebut tidak boleh saling bertentangan.

Satgas ini akan melakukan monitoring dan evaluasi langsung ke desa. Jika kemudian menemukan dugaan penyimpangan yang dilakukan secara sengaja maka Satgas Dana Desa akan menyerahkan pelakunya ke penegak hukum. Tapi sebelum itu dilakukan Satgas Dana Desa akan mencoba memberikan pemahaman. Dalam melakukan penanganan hukum, Satgas Dana Desa pada akhirnya akan memilah, jika kesalahannya administrasi maka akan menyerahkan masalah ke Inspektorat kabupaten, provinsi hingga Inspektorat Jenderal di Kementerian.

Mengenai penanganan kasus hukum yang menimpa Kepala Desa, akan dipilah menjadi dua: administrasi dan pidana. Jika yang terjadi adalah kesalahan administrasi, maka inspektorat yang akan menangani, mulai dari Inspektorat Kabupaten, Provinsi, hingga Inspektorat Jenderal di Kementerian. Jika masuk wilayah pidana, bakal digiring ke wewenang para penegak hukum yang sekarang ini juga turut mengawasi dana desa. DPMD Kabupaten Banyuwangi siap melaksanakan masukan, arahan dan juga berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan Satgas Dana Desa.


© 2021
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi
JL. Adi Sucipto No. 53 Telp. 0333-424972, 424445 Fax. 0333-415318